Cara Mudah Setting Cpanel

Setelah proses pembelian hosting dan domain, kini saatnya kita mensetting Cpanel agar website dapat dikelola dan tampil di internet.

Berikut 3 setingan utama untuk menampilkan website:

  1. Setting SSL
  2. Setting Email
  3. Install CMS WordPress/Sitepad

Sebelum kita lanjutkan dan bahas satu persatu, berikut tutorial mudah untuk masuk login ke cpanel

Login ke Cpanel

Klik menu client di website utama, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini

Kemudian klik Login, dan akan muncul seperti gambar di bawah ini

Masukkan email dan password Anda. Kemudian klik tombol login.

Kemudian klik menu layanan > Layanan Saya

klik sembarang di area lingkaran merah seperti gambar di atas.

Kemudian klik Login to Cpanel, maka akan muncul halaman cpanel hosting. Selanjutnya mari kita pelajari beberapa setingan utama yang harus kita lakukan sebelum mengelola konten website.

1. Setting SSL

Kita perlu mensetting SSL ini. SSL ini adalah singkatan dari Secure Socket Layer. Karena SSL ini adalah tools yang menandakan bahwa website yang kita kelola ini adalah website aman, bukan website yang berbahaya yang dapat mencuri data atau bahkan mengirim data yang berbahaya. Sangkin pentingnya SSL ini, di google chrome website yang tidak ada SSL nya akan dilabeli sebagai website Not Secure. Sedangkan yang sudah memakai SSL akan dilabeli sebagai website secure atau website yang aman, dan ditandai dengan icon gembok. Perbedaaan lainnya terletak pada link website. Website yang sudah memakai SSL linknya akan berupa https, sedangkan yang belum hanya http.

Untuk mensetting SSL, silahkan ketik SSL di form pencarian, kemudian pilih SSL/TLS Status, ini adalah cara termudah karena SSL akan diproses secara otomatis. Anda bisa juga menggunakan metode Lets Encrypt SSL.

Berikut tampilan dari SSL/TLS Status

AutosSSL is in progress seperti di lingkaran paling atas menandakan bahwa setingan SSL untuk domain masih dalam proses, silahkan tunggu sampai proses selesai.

Bila domain sudah selesai dan mendapatkan SSL, akan ditandai dengan icon gembok seperti gambar diatas.

2. Setting Email

Di Cpanel ini Anda bisa mendapatkan akun email yang langsung memakai nama domain yang Anda miliki, seperti admin@qwebs.id. Nama email dengan domain ini akan lebih terlihat resmi dibandingkan memakai email dari domain luar.

Silahkan ketik email di form pencarian, kemudian klik Email Accounts.

Silahkan klik tombol Create

Isi form username dengan nama misal admin, kemudian isi form password, kemudian klik tombol create. Kemudian akan tampil seperti di bawah ini.

Anda bisa langsung melakukan pengecekan email dengan klik tombol check Email, atau dengan cara ketik seperti ini: namawebsiteanda.com/webmail. Silahkan ganti namawebsiteanda.com dan sesuaikan dengan nama website yang dimiliki.

3. Install CMS WordPress/Sitepad

Sekarang saatnya kita mensetting CMS apa yang akan digunakan. namun disini kita akan pelajari 2 CMS saja dahulu yaitu: Sitepad dan WordPress, mengingat begitu banyaknya CMS yang tersedia, nanti akan kita coba ulas satu persatu di tutorial yang lain.

a. Install Sitepad

Bagi pengguna hosting Qwebs, Anda akan mendapatkan sitepad gratis yang bisa langsung diinstal di cpanel tanpa harus melakukan pembayaran lagi alias GRATIS!

Silahkan ketik Sitepad di form pencarian, kemudian klik SitePad Website Builder.

Klik Create a new Site

Klik tombol Get Started

Pilih theme yang diinginkan, klik select

Isi form, kemudian klik tombol Proceed with install

Untuk memulai pengeditan website silahkan klik Click here to login into the site start editing atau langsung melihat websitenya klik Click here to view your new site.

Website Anda dengan CMS Sitepad builder sudah jadi, untuk bahasan lebih lanjut mengenai edit websitenya, silahkan klik Tutorial setting website dengan sitepad builder.

b. Install WordPress

Bila ingin website Anda memiliki fitur yang lebih kaya, WordPress ini adalah salah satu pilihannya. CMS WordPress tergolong CMS yang paling banyak digunakan orang hingga saaat ini.

Sekarang kita akan mempelajari bagaimana caranya menginstall wordpress di CPanel.

Ketikkan softaculous dan klik softaculous Apps Installer di form pencarian atau scroll halaman kebagian paling bawah, disini akan ditemukan softaculous Apps Installer. Silahkan klik WordPress

Kemudian klik tombol install.

Bila sebelumnya Anda sudah menginstall SSL maka di form akan muncul pilihan https, silahkan pilih https. Kemudian pilih nama domain yang akan diinstall wordpress (bila Anda memiliki lebih dari 1 nama domain, akan muncul pilihannya). kemudian kosongkan saja inDirectory. Setelah itu pilih versi wordpress yang diinginkan. Sarannya pilih saja versi yang terbaru.

Kemudian scroll ke bawahnya akan Anda temukan form-form yang harus diisi. Silahkan diisi, dan jangan lupa untuk mengganti passwordnya, biasanya bawaan passwordnya itu adalah pass, dan sudah hampir semua pengguna wordpress tau password ini. Selanjutnya Anda bisa memilih bahasa yang digunakan, Anda bisa pilih bahasa apa saja yang Anda rasa nyaman.

Terakhir, silahkan klik tombol install di halaman paling bawah. Tunggu beberapa saat hingga proses install selesai.

Bila telah muncul seperti gambar diatas, ini artinya proses install wordpress sudah selesai.

Untuk tutorial tentang cara setting wordpress hingga update kontennya dan lain-lain, silahkan klik tutorial setting website dengan wordpress ini.

Exit mobile version