ProgrammingFlutter

Flutter Programming Multi Platform dari Google

Flutter adalah salah satu framework open source untuk pemprograman. Flutter dikembangkan oleh google dan merilis Flutter 1.0 pada tanggal 04 Desember 2018. Flutter menggunakan Bahasa dart.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari flutter:

Multi Platform

Flutter dapat membangun beragam platform seperti aplikasi ponsel android, IOS, website dan desktop. Hanya dengan berdasarkan 1 kode pemprograman saja. Flutter secara otomatis akan menyesuaikan kode pemprograman untuk platform yang digunakan. Tentu ini akan sangat menghemat waktu, dibandingkan dengan membangun kode satu persatu untuk platform yang berbeda.

Multi Platform

Membangun Program Dengan Cepat (Hot reload)

Berbeda dengan metode lama yang harus mengcompile kode terlebih dahulu agar bisa melihat aplikasinya berjalan. Proses mengcompile juga memerlukan waktu yang lumayan lama.

Namun tidak bila kita menggunakan flutter, tanpa perlu waktu lama, ketika ada perubahan kode, seketika juga kita bisa melihat perubahan di aplikasi yang berada di mesin emulatornya.

Widget

Mendisain aplikasi dengan flutter akan lebih mudah dan cepat, karena di flutter sudah banyak tersedia berbagai macam widget untuk keperluan pemprograman. Programmer tidak perlu repot dan memakan waktu lama untuk membuat kode-kode programming lagi. Menariknya lagi, widget-widget di flutter ini dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan. Sehingga Anda dapat menciptakan aplikasi yang unik dan cantik.

Berminat untuk membuat aplikasi dengan flutter? Berikut Tutorial Cara Install Flutter di Windows 10

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock terdeteksi

Silahkan nonaktifkan adblock terlebih dahulu. Terimakasih!