Blog

Cara Termudah Menghasilkan Uang dari Website

Punya website itu bukan hanya sekedar pengganti brosur atau gaya-gayaan saja. Bagaimana cara termudah menghasilkan uang dari website? Disini akan kita kupas satu persatu, agar Kamu lebih semangat lagi mengelola website. Atau bila Kamu belum memiliki website, segera miliki sekarang juga! pelajari caranya di tutorial “Cara Termudah Membuat Website Sendiri“.

Tanpa disadari ternyata website akan menjadi mesin uang buat Kamu, bila dikelola dengan tepat dan benar. Jangan biarkan website hanya menjadi pajangan tak berarti. Coba ikutin beberapa tips berikut ini agar websitemu benar-benar menjadi mesin uang.

1. Bikin Konten dan Monetisasi di Google Adsense

Anda bisa membuat konten apa saja di website yang Anda miliki, asal konten yang tidak melanggar aturan negara, agama dan google adsense. Konten bisa berupa blog, berita, atau artikel apapun seperti artikel kuliner, wisata, fashion, gaya hidup, dan masih banyak lagi. Silahkan sesuaikan saja dengan kesukaan Anda agar bikin kontennya makin semangat.

Google Adsense akan membayar Anda dengan skema berapa banyak kunjungan ke laman konten Anda dan berapa banyak juga yang klik iklan di laman tersebut. Mengenai jumlah rupiahnya akan sangat bervariasi, tergantung dari iklan apa yang tampil, berapa banyak bid pengiklan untuk situs kita dan niche konten apa yang kita miliki. Mungkin ada faktor-faktor lain yang belum Kami ketahui, boleh silahkan bantu komen di bawah ya.

Berapa Banyak Konten Agar Bisa Dimonetisasi Google Adsense?

Tidak ada aturan baku yang tertera di google adsense mengenai banyaknya konten yang harus ada di website sebelum dimonetisasi. Namun yang pasti, konten tersebut bukanlah konten hasil jiplakan atau copy paste dari website lain. Konten harus orisinil belum pernah diterbitkan oleh orang lain.

Bagaimana caranya mendaftar di Google Adsense?

Setelah membuat konten-konten yang berkualitas dan orisinil, Kamu bisa langsung daftar dengan mengunjungi link Google Adsense ini.

Di situ Kamu bisa lihat juga potensi penghasilan yang mungkin Kamu capai dengan adsense.

Setelah mendaftar, silahkan menunggu email konfirmasi masuk dari google adsense. Apakah diterima atau ditolak karena ada hal-hal tertentu yang harus diperbaiki terlebih dahulu.

Bila sudah diterima, Anda harus memasukkan beberapa kode yang akan diberikan oleh adsense untuk ditempelkan disitus Anda. Caranya akan diberitahukan di dashboard adsense Anda.

Apa Larangan di Google Adsense?

Berikut beberapa larangan yang harus diketahui bila sudah memiliki iklan adsense di situsnya:

  • Larangan yang paling utama adalah Anda selaku pemilik website yang dimonetisasi di google adsense tidak boleh klik iklan yang ada di website Anda sendiri.
  • Tidak boleh meminta orang lain atau pembaca website Anda untuk klik iklan, atau menggunakan trik yang menipu agar iklan tak sengaja di klik oleh pembaca website tersebut.

Untuk lebih jelasnya mengenai hal larangan adsense ini bisa langsung menuju situs resminya Kebijakan Program Adsense.

menghasilkan uang dari website

2. Ikut Program Afiliasi

Cara termudah untuk mendapatkan uang dari website yang berikutnya adalah dengan ikut program afiliasi. Program afiliasi ini banyak sekali tersedia di internet. Anda cukup mengetikkan “website afiliasi” di pencarian Google, akan muncul berbagai macam website yang menawarkan program ini.

Cara Ikut Program Afiliasi

Umumnya website afiliasi hanya mewajibkan Anda untuk mendaftar menjadi membernya. Kemudian akan diberikan link khusus afiliasi, yang bila link tersebut diklik akan tersimpan data bahwa link Anda sudah diklik seseorang. Nah, selanjutnya bila ternyata yang klik tersebut malah bertransaksi di website afiliasi tersebut, Anda akan mendapatkan bagian komisi penjualan. Besarnya komisi akan berbeda-beda tergantung afiliasi mana yang diikuti.

Link tersebut bisa berupa gambar bila dicantumin di website, atau bisa juga berupa link. Konten yang berisi link afiliasi ini diusahakan adalah konten yang sesuai dengan konten website afiliasi tersebut, walaupun tidak ada keharusan.

Sangat mudah bukan? silahkan mencari afiliasi sebanyak-banyaknya.

3. Menjual Kolom Iklan

Anda bisa gunakan bagian kosong dari website untuk diisi dengan iklan. Kolom iklan ini bisa dihargai bervariasi, biasanya tergantung dari letak iklannya, besar kecil iklannya dan lain-lain. Untuk harga Andalah yang menentukan sendiri. Semakin banyak visitor website Anda, kemungkinan peminat untuk beriklan akan tinggi, sehingga harga kolom iklan website Anda juga akan semakin tiggi pula.

Sebelum menjual kolom iklan ini, sebaiknya pastikan dahulu jumlah visitor website Anda adalah layak untuk ditampilkan iklan. Karena pada umumnya pengiklan akan enggan bila visitor website tersebut masih teramat sedikit.

Untuk sementara 3 poin ini dulu yang kita bahas, kita berusaha untuk melanjutkan kembali. Selamat membuat konten yang rajin.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button